Rabu, 20 April 2016

VIETNAM TRIP - DAY 1 - EKSPLORE DELTA SUNGAI MEKONG

Mekong Delta
Terletak di Provinsi Benh Tre, Vietnam Selatan. Delta Sungai Mekong merupakan muara dari Sungai Mekong yang berhulu di dataran Tinggi Tibet melintasi 6 negara yakni China, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, dan berakhir di Vietnam. Sungai ini menjadi sangat menarik dikunjungi terutama di daerah delta sungai yang berbatasan dengan Laut China Selatan di daerah Benh Tre, sekitar 2 jam berkendara dari Ho Chi Minh City karena kearifan lokalnya dan beberapa aktivitas warga di sepanjang pinggiran sungai mekong. Saya menyempatkan diri untuk menyusuri delta sungai mekong di sela-sela kunjungan saya selama beberapa hari ke kota Ho Chi Minh, Vietnam.

Sebetulnya saya pernah mengunjungi Ho Chi Minh City dan ini kali kedua saya mengunjungi Ho Chi Minh City, tapi di kesempatan pertama, saya hanya punya waktu sebentar untuk eksplore. Cerita saya sebelumnya pada waktu pertama kali menginjakkan kaki di Ho Chi Minh City dapat dilihat disini: eksplore-ho-chi-minh-vietnam.

Suasana Mekong Delta
Ada banyak pilihan untuk eksplore Delta Mekong mulai dari eksplore selama 4 hari 3 malam dengan mengunjungi beberapa pulau di sekitarnya atau hanya cukup one day trip saja seperti yang saya lakukan. Saya memilih explore mekong delta selama one day trip saja karena selain waktu saya yang terbatas, saya hanya penasaran saja untuk mengetahui mekong delta. Saya sendiri booking tour ke Mekong Delta di hotel tempat saya menginap selama di Ho Chi Minh City dengan harga yang cukup murah.

Banyak hal menarik yang bisa dilihat dan dilakukan disini seperti salah satunya mengunjungi sentra pembuatan madu. Disini kita disuguhkan madu dan melihat cara pembuatannya. Saya sendiri tidak begitu tertarik untuk membelinya karena di Indonesia juga banyak. hehe!

Sentra Pembuatan Madu
Royal Jelly and Honey as Welcome Drink ^_^
Selesai melihat proses pembuatan madu, kami digiring untuk mengunjungi pusat pembuatan gula/ permen kelapa/ coconut candy. Disini, guide kami menjelaskan proses pembuatan gula madu mulai dari masih berbentuk kelapa sampai sudah menjadi permen yang dikemas dengan tampilan yang menarik.


Melihat Proses Pembuatan Gula Kelapa
Selesai mengunjungi sentra pembuatan gula kelapa, kami pun digiring untuk melakukan santap siang ditemani dengan pertunjukkan musik dan lagu daerah setempat sembari ngerujak. Ngerujak?? ya benar, rujak atau ngemil buah-buahan yang di Indonesia  ini merupakan hal yang biasa saja, namun bagi turis-turis western atau bule-bule yang berkunjung kesini merupakan hal yang sangat menarik.

Aktivitas paling menarik tentunya menyusuri delta sungai mekong dengan menggunakan perahu kecil dan melihat langsung aktivitas warga yang sering memanfaatkan sungai untuk aktivitas sehari-sehari. Yach, walaupun sangat singkat, tapi aktivitas inilah yang saya tunggu-tunggu. Sembari kembali ke pelabuhan Benh Tre sebelum kembali lagi ke kota Ho Chi Minh, saya diberi kesempatan untuk memakai perahu bersama warga lokal menyusuri sungai-sungai kecil disekitaran Delta Mekong.
Selfie at Mekong Delta
Kesibukan di Pelabuhan Benh Tre
Sangat jarang wisatawan asia yang memilih eksplore delta mekong ketika mengunjungi Ho Chi Minh karena memang aktivitas yang ditawarkan memang tidak terlalu beda jauh dengan yang sering dialami di negeri tropis. Dari sekitar 30 orang yang satu rombongan dengan saya, saya hanya menjumpai 2 orang turis Asia selain saya yakni dari China, sementara saya satu-satunya yang berasal dari negeri tropis yang ikut tour ini. Kebanyakan bule yang ikut tour ini. Yach, meskipun sangat singkat, hanya seharian saja saya ikut tour ini, namun cukup mengobati rasa penasaran saya. ^_^

Trip susur Mekong Delta ini merupakan trip pembukaan selama saya menjelajahi Vietnam Selatan sampai dengan Vietnam Tengah selama kurang 2 minggu. Setelah puas ubek-ubek Ho Chi Minh dan sekitarnya, saya pun melanjutkan ke kota Dalat dalam rangkaian perjalanan saya ke Vietnam Selatan dan Vietnam Tengah.

Cerita saya selanjutnya pada waktu eksplore kota Dalat dapat dilihat disini : Dalat Trip

5 komentar:

  1. Mau nanya mas.. ikutan one day trip di mekong delta berapa ya??? Rencana november besok mau ke sana .. makasih :)

    BalasHapus
  2. aku waktu itu booking di hotel tempat aku nginap sebesar 220ribu dong atau sekitar USD10 / Rp 130ribu. seharian dah dijemput di hotel dan makan siang juga. muraaaah bangeeeet. vietnam tuh murah2

    BalasHapus
  3. Untuk one day trip ini mulai dan selesai jam brp?

    BalasHapus
  4. @i made binar : dijemput di penginapan pagi2 sampai sore dah di HCM lagi. di mekongnya sampai lunch aja klo one day trip.

    BalasHapus
  5. Mas mau nama hotelnya dong aku minggu depan nginep di dkt ben thanh market. Tau deh hotelku nyediain apa ngga

    BalasHapus

Ada kesalahan di dalam gadget ini