Sabtu, 31 Agustus 2013

EXPLORE PUTRAJAYA, MALAYSIA

Putrajaya  dari Atas
Putrajaya, Kota Satelit di selatan Kuala Lumpur, Malaysia, yang sekarang telah menjadi ibukota pemerintahan Malaysia, terletak tidak jauh dari Kuala Lumpur, hanya sekitar 1,5 jam perjalanan saja dengan menggunakan kereta atau bus. Cukup dekat memang. Kota modern Putrajaya memang dihiasi dengan bangunan-bangunan yang cantik dan megah dimana banyak bangunan yang dibuat simetris di sepanjang sisi kanan kiri jalan. kota Putrajaya juga dihiasi dengan lima buah jembatan cantik yang menghubungkan dua sisi kota tersebut yang menambah keindahan kota.

Perjalanan saya ke kota Putrajaya sendiri saya lakukan di sela-sela kunjungan saya ke kota Kuala Lumpur tepatnya pada tanggal  18 Maret 2012 yang lalu. Postingan saya waktu berada di Kuala Lumpur bisa dibaca di http://www.aufasidix.blogspot.com/2013/08/solo-trip-to-kuala-lumpur-malaysia-17.html

sisi lain Putrajaya
Sebagai ibukota pemerintahan, bangunan-bangunan yang mendominasi disini pun sebagian besar adalah bangunan pemerintahan / kementerian semua. Spot paling oke untuk melihat keseluruhan bangunan di putrajaya lengkap dengan landscape danau dan sungainya di Putrajaya International Convention Center di atas sebuah bukit sehingga bisa melihat pemandangan seluruh kota Putrajaya dari atas termasuk sungai yang membelah dua sisi kota dengan lima buah jembatan cantik yang menghubungkannya. Keren banget! Posisinya yang sebagai ibukota pemerintahan dan bukan sebagai kota bisnis ataupun kota wisata, memang menjadikan kota Putrajaya cendedrung sepi dan tidak banyak orang lalu lalang. Para pegawai pemerintahan pun ternyata disiapkan semacam mess yang letaknya agak di luar kota, sehingga di pusat kota Putrajaya sendiri praktis memang hanya ada gedung / kantor pemerintah beserta fasilitasnya.

Dari Atas Jembatan Putrajaya
Jembatan Putrajaya
Speedboat Wisata Putrajaya
Ehm, sebetulnya saya sempat bertanya-tanya, mengapa sering ada speedboat yang hilir mudik melintasi sungai di bawah jembatan apakah bisa dinaiki atau adakah tranportasi umum dengan menggunakan sungai karena sepertinya lebih menarik jika menjelajahi kota Putrajaya melalui sungai sambil melihat gedung cantik di kiri kanan. Namun ternyata speedboat itu memang dicarter rombongan wisatawan yang ingin menjelajah kota Putrajaya dengan cara yang berbeda. Ah, turis kere kayak saya pun langsung mengurungkan niat untuk naik speedboat tersebut. It’s Oke. Hehe! Di Putrajaya ini jugalah letak kantor perdana menteri Malaysia yang terlihat paling megah dibanding bangunan-bangunan lainnya.

Beruntung banget waktu saya kesana sedang ada festival balon udara yang diadakan tiap tahun. Ramai Banget! Seru..^_^. Mencoba ikut nimbrung bersama warga lokal memperebutkan “mainan” parasut yang disebar lewat udara dari balon udara.:). Mencoba mencicipi aneka masakan Malaysia yang di hidangkan di stan makanan yang banyak dijajakan di ferstival balon udara ini. Ehm, sempat terbesit keinginan untuk mencoba ikut-ikutan naik balon udara ke atas, tapi kok kayaknya lebih seru lihat orang-orang naik balon udara dari bawah saja. Hehe!

Depan Kantor Perdana Menteri
Pusat kota Putrajaya
Putrajaya memang cukup kecil kotanya dan bahkan cenderung sepi. Waktu saya kesana saja agak lumayan ramai karena kebetulan sedang ada festival balon udara yang itu pun hanya di salah satu sudut kota saja. Ehm, mungkin karena weekend, karena ternyata setelah saya bertanya kepada teman saya, yang asli orang Malaysia, yang menemani saya jalan-jalan ke Putrajaya, jika weekend maka praktis kegiatan di Putrajaya pun terhenti karena sebagai ibukota pemerintahan ya mayoritas hanya diisi oleh pegawai pemerintah (atau mereka menyebutnya sebagai pegawai diraja Malaysia) yang bekerja pada waktu weekday dan libur jika weekday. Jadi jika ingin melihat sisi lain kota Putrajaya yang ramai dengan segala aktivitas perkantorannya coba saja kesini waktu weekday. Namun cukup asyik lah jalan-jalan ke kota Putrajaya. Hayuk! Bagi kalian yang ada rencana ke Kuala Lumpur, jangan cuma singgah di KualaLumpur, tapi mampirlah ke Putrajaya yang hanya sekitar 1,5 jam perjalanan saja kok dari Kuala Lumpur. Oke..^_^

5 komentar:

  1. saya reza , salam kenal sebelumnya. saya berencana dalam waktu dekat ini akan ke KL kemungkinan besar akan mencoba main - main ke daerah putra jaya , setelah melihat blog nya saya mau tanya mas untuk transportasi kesana naik bus / mrt / apa ? dan dari mana naiknya ya ? kebetulan saya penyuka fotografi gedung / arsitektur disana spot yang bagus dimana ya ? mohon bantuannya . terima kasih.

    *akan lebih senang jika jawabannya diemailkan ke email saya reza4300@gmail.com

    BalasHapus
  2. kebetulan kemarin saya bareng warga asli malaysia keliling putrajayanya...:). Namun dr KL bisa naik kreta KLIA Ekpress ke Bandara turun di stasiun putrajaya kok. Putrajaya itu letaknya antara BAndara dan Kuala Lumpur. kalau dr Bandara malah dekat banget tinggal naik KLIA Ekpress turun di Putrajaya. Setahu saya juga ada bus dr Kuala Lumpur tp saya kurang th kalau bus.. :)

    BalasHapus
  3. Perjalanan ke Putrajaya

    A) Kalau dari KLIA atau KLIA2:
    1- Hanya Guna ERL sahaja atau dikenali sebagai KLIA Transit
    2- Pastikan Anda Menggunakan KLIA TRANSIT.. BUKAN KLIA EKSPRESS...
    3- ya ingat guna KLIA TRANSIT...,
    4- Ambil Tiket ke Putrajaya/Cyberjaya

    B) Dari KL Sentral
    1- Sama juga dengan atas guna KLIA TRANSIT.., dan ambil tiket berhenti di Putrajaya/Cyberjaya..
    2- Sampai di Stesen Putrajaya..., Naik ke Concourse.. dan belok sebelah kanan..., sebab sebelah kanan adalah tujuan untuk ke terminal BAS dan TEKSI PUTRAJAYA.;; disana ada kauter untuk perjalanan ke Putrajaya... pilihan sama ada naik BAS atau TEKSI..., lau naik TEKSI guna MEter... agak mahal jika nak bersiar2..., saya sarankan guna BAS Sahaja... huhuhu.. nak lebih menyeronokkan boleh sewa kereta...

    BalasHapus
  4. nah ini ada infonya. terimakasih. semoga bermanfaat. thank you... :)

    BalasHapus
  5. Klo boleh tau,brp tarif bis atau Kereta utk ke putrajaya,krn kami jg mau ke Kuala lumpur tgl 12 maret besok

    BalasHapus