Senin, 09 Desember 2013

AYUTTHAYA, THAILAND "WORLD HERITAGE CITY"

Sisa-Sisa Reruntuhan Kerajaan Thailand di Ayutthaya
Tidak salah jika kota Ayuthaya, Thailand dimasukkan sebagai World Heritage City oleh UNESCO karena banyaknya wat atau temple dari sisa-sisa peradaban masa lampau. Ayuthaya, merupakan ibukota Thailand kuno pada masa lampau. Ayutthaya sendiri sebelumnya adalah ibukota Thailand yang telah berdiri selama 417 tahun, kemudian tempat ini hancur akibat perang antara Thailand dan Burma. Walaupun hancur, namun sisa-sisa kemegahan kerajaan Thailand yang terdapat di Ayutthaya masih terlihat sangat jelas. Meski sempat diterpa musibah banjir besar beberapa waktu silam, namun sisa-sisa kemegahan dan kejayaan masa lalu tetap kokoh dan ada hingga kini.

Kunjungan saya ke Ayutthaya saya lakukan di sela-sela kunjungan saya ke Bangkok tepatnya apda tanggal 24 Maret 2012) yang lalu. Jaraknya memang hanya sejengkal saja dari ibukota Thailand sekarang, kota Bangkok, sekitar 3 jam perjalanan darat dari Bangkok, namun rasanya tidak lengkap jika jalan-jalan ke Bangkok namun tidak mampir ke Kota Ayuthaya yang kaya akan wat/temple. Memang sih banyak yang tinggal puing-puingnya saja tapi juga masih banyak wat yang masih utuh dan sangat cantik kok.


Ayutthaya bisa di akses mengunakan dengan menggunakan kereta api dari Bangkok. Namun bagi yang tidak ingin ribet, banyak sekali paket wisata one day tour ke Ayuthaya dari kawasan backpacker di Khaosan Road, Bangkok.  Untuk naik kereta api ini dari Stasiun Huam Lampong Bangkok seharga 200 bath (Sekitar Rp 6000 rupiah). Murah banget! Namun mungkin sekarang sudah berbeda harganya. Hehe!





Ayutthaya merupakan ikon wisata budaya dan sejarah di Thailand, jadi jika kita memutuskan untuk jalan-jalan ke Ayutthaya, memang benar-benar untuk wisata sejarah. Jika kita tidak suka dengan wisata sejarah, maka mungkin kita akan bosen karena dimana-mana adanya ya reruntuhan sisa-sisa wat dari peradaban masa lampau. Ayutthaya sendiri merupakan kompleks yang sangat luas dengan banyak kuil dan candi didalamnya. Kita dapat menggunakan fasilitas rental sepeda atau tuk-tuk (sejenis bemo di Thailand) untuk berkeliling tempat tersebut.






Jalan-Jalan ke kota Ayuthaya sendiri bisa dilakukan setengah hari saja kok! Artinya berangkat dari Bangkok pagi hari, kemudian sore hari sudah berada di Bangkok lagi. Namun jika kalian memutuskan menginap di ayuthaya tidak ada salahnya, saya sendiri belum pernah menginap di Ayuthaya. So, jika kalian ada kesempatan pergi ke Bangkok, luangkan waktu sejenak untuk kembali ke peradaban silam di Ayuthaya. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar