Rabu, 22 Juli 2015

Santai Sejenak di Pantai Sihanoukville, Kamboja

Independence Beach, Sihanoukville
Siapa sangka jika ternyata di negara Kamboja yang tidak terlalu besar, terdapat pantai pasir putih yang sangat indah dengan pulau-pulau kecil nan eksotik di sekelilingnya. Terletak sekitar 6-7 jam naik bus dari ibukota Kamboja, Phom Penh, saya menjumpai sebuah kota kecil di pinggir pantai dengan wisata baharinya yang sangat sayang jika dilewatkan yakni kota Sihanoukville. Saya pun memutuskan untuk mengunjungi Sihanoukville selama dua hari satu malam di sela-sela kunjungan saya ke Kamboja setelah sebelumnya sempat eksplore kota Phnom Penh dan Siem Riep dalam rangkaian perjalanan saya menyusuri negeri Kamboja.

Cerita saya sebelumnya pada waktu eksplore kota Phnom Penh dapat dilihat disini: http://www.aufasidix.blogspot.com/2015/07/eksplore-phnom-penh-kamboja.html

Salah satu sudut pantai di Sihanoukville
Kebanyakan para turis yang ke Kamboja selalu mengunjungi dua destinasi yang utama yaitu kota Siem Riep dengan Angkor Wat-nya atau kota Phnom Penh dengan peninggalan sejarahnya, namun jika kita punya waktu berlebih di Kamboja, maka Sihanoukville wajib dimasukkan ke dalam list. Tidak salah jika pada akhirnya saya memasukkan Sihanoukville di dalam list tempat yang harus saya kunjungi selama di Kamboja karena banyak sekali pantai-pantai eksotik di sini.

Untuk eksplore pantai-pantai di Sihanoukville tidak ada pilihan lain selain harus sewa tuktuk karena memang itu satu-satunya moda transportasi yang bisa digunakan. Tawarlah jika akan menyewa tuktuk dan pastikan tujuan kita ke mana saja karena ada beberapa pantai yang jaraknya lumayan jauh dan berada agak sedikit keluar dari kota Sihanoukville seperti pantai otres yang berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota Sihanoukville, menawarkan hamparan pantai pasir putih yang sangat panjang sekitar 5 km.

Berbicara mengenai wisata di Sihanoukville memang tidak jauh dari urusan pantai. Sihanoukville memang terkenal dengan pantai-pantainya. Jadi jika akan ke Sihanoukville pastikan pada bulan yang cukup bagus dan tidak sedang musim hujan. Waktu saya kesini di pertengahan bulan Maret dan beruntungnya cuaca sangat cerah. Mulai dari pagi sampai petang, saya eksplore beberapa pantai seharian di Sihanoukville seperti victory beach, serendipity beach, otres beach, independent beach, ocheateal beach, dan lainnya.

Berikut beberapa pantai-pantai cantik yang sempat saya singgahi :

Shoka Beach
Victory Beach
Otres Beach

Serendipity Beach
Ocheateal Beach
Shoka Beach
Homestay tempat saya menginap pun terletak tidak jauh dari bibir pantai, tepatnya pantai Ocheateal, salah satu pantai paling happening di Sihanoukville, hanya berjalan 5 menit saja dari homestay ke Pantai Ocheateal. Pantai Ocheateal merupakan tipikal pantai yang ramai dan lebih cocok buat kongkow-kongkow sama keluarga atau hunting seafood murah. Saya sendiri sempat coba icip-icip cumi panggang dan lobster panggang yang dijual di pinggir pantai Ocheateal. Lumayan enak dengan harga yang cukup bersahabat. 1 USD untuk satu tusuk. hehe

Suasana kota Sihanoukvillenya sendiri sebetulnya cukup sepi. Hanya ada satu buah sueprmarket yang lumayan besar. Patung Singa emas (golden lion) yang merupakan ikon kota Sihanoukville yang terletak di pusat kota pun cukup sepi. Entah mengapa kota Sihanoukville mempunyai maskot berupa singa, mengapa bukan lumba-lumba atau hiu misalnya karena sebagai kota pantai. Haha! Entahlah..

Penjaja Cumi Panggang
Cumi Panggang
Golden  Lion, Sihanoukville Icon at City Center
Dari beberapa pantai, saya paling suka dengan otres beach. Dengan panjang sampai 5km, pantai berpasir putih dengan ombak yang sangat tenang ini sangat cocok buat berenang atau sekedar leyeh-leyeh di pinggir pantai. Apalagi masih banyak beberapa sudut pantai otres yang masih sepi pengunjung. Perjalanan saya explore Sihanoukville memang sangat singkat. Jika saya mengalokasikan waktu lebih  banyak lagi seharusnya saya bisa eksplore pulau-pulau cantik di sekitarnya untuk sekedar snorkeling atau canoing. Namun pantai-pantai bersih dan berpasir putih di Sihanoukville sudah cukup memanjakan mata saya. Sihanoukville, the paradise for beach lover in Cambodia

Berjemur di Otres Beach :p
Perjalanan saya menyusuri pantai-pantai di Sihanoukville ini mengakhiri perjalanan saya eksplore negeri Kamboja. Hanya semalam saya di Sihanoukville. Jika saya punya waktu lebih tentunya saya dapat eksplore lebih banyak ke pulau-pulau sekitar yang ada di Sihanoukville. Keesokan harinya saya harus kembali ke kota Phnom Penh dengan menggunakan bus selama 5 jam untuk kemudian kembali ke Indonesia. Liburan yang sangat singkat namun menyenangkan.