Minggu, 23 September 2018

KOTA SABANG, PULAU WEH, ACEH


Titik Nol Kilometer Indonesia di Pulau Weh
Penyeberangan ferry dari kota Banda Aceh ke Pulau Weh dengan menggunakan kapal cepat / speedboat cukup cepat hanya 45 menit saja. Sedangkan jika menggunakan kapal lambat membutuhkan waktu sekitar 2 jam Ada beberapa pilihan untuk menyebrang ke Pulau Weh dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh yakni dengna Kapal Ferry / kapal lambat dan speadboat / kapal cepat. Jadwalnya hanya ada beberapa saja tiap hari jadi pastikan dulu dengan jadwal ferry yang mau dipakai sebelum berangkat.

Cerita saya sebelumnya pada waktu eksplore kota Banda Aceh dapat dilihat disini -> BandaACehTrip

Begitu sampai di pelabuhan Balohan, Pulau weh, banyak sekali berjajar ojek yang menawarkan jasanya. kita juga bisa menyewa sepeda motor disini. Sedangkat angkot hanya ada dari pelabuhan balohan ke kota sabang selama sekitar 30 menit berkendara. Saya sendiri memutuskan untuk menyewa sepeda motor biar bebas kesana kemari di pulau weh, termasuk tujuan utama saya ke pulau weh yakni ke tugu nol kilometer Indonesia  di titik pujung paling barat pulau weh atau berjarak sekitar 30 km sebelah barat kota Sabang.

Air Terjun Pria Laot, Pulau Weh
Saya sempat mengunjungi Air Terjun Pria Laot yang terletak di tengah pulau weh. Mengunjungi air terjun ini bisa dibilang gampang gampang susah. Papan Petunjuk yang minim pun kita masih harus jalan kaki sekitar 30menit dari lokasi parkir kendaraan. Motor yang saya bawa saya titipkan di rumah warga karena memang tidak akda semacam tempat parkir resmi di ujung jalan menuju air terjun ini. 



Danau Aneuk Laot
Objek wisata Lain di Pulau Weh yang sayang jika dilewatkan yakni Danau Aneuk Laot, satu-satunya danau air tawar yang ada di tengah pulau weh. Menuju Danau ini sangat gampang karena jalan menuju kesini sudah diaspal dan tidak jauh dari kota Sabang. Danau yang cukup luas ini kadang digunakan warga untuk memancing atau sekedar duduk-duduk di tepian danau sembari menikmati pemandangan danau.

Pantai Iboih

Perahu penyeberangan ke Pulau Rubiah
Salah satu pantai yang cukup terkenal di Pulau weh yakni Pantai Iboih. Tipikal pantai wisata yang banyak cottage dan pusat cinderamata. Beberapa orang mengungjungi pantai iboih karena hendak menyeberang ke Pulau Rubiah sekitar 20 menit saja dari pantai iboih dengan menyewa perahu nelayan. Pulau rubiah ini sangat terkenal sebagai destinasi diving atau snorkeling karena alam bawah lautnya yang sangat indah.

Saya sendiri hanya leyeh-leyeh duduk di pantai iboih dan  tidak sempat untuk menyebrang ke pulau rubiah karena saya memang tidak bisa diving, pun waktu saja juga tidak banyak. walhasil saya hanya eksplore pantai iboih saja sembari melihat perahu lalu lalang.

Pemandangan Pulau Weh dari Atas
Masjid Jami kota Sabang
Kota Sabang sendiri tidak terlalu luas. Salah satu spot di kota Sabang yang saya suka dan bisa melihat kota sabang dari atas adalah di pelataran hotel sabang hill yang terletak di atas bukit. Dari atas sini, terlihat wajah pulau weh dengan garis pantainya yang tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar