Minggu, 11 November 2018

HIU PAUS GORONTALO

Memberi makan hiu paus
Tidak banyak tempat di Indonesia untuk melihat langsung hiu paus atau whaleshark. Hanya ada 3 tempat di Indonesia yang cukup terkenal untuk melihat hiu paus dari dekat yakni di Talisayan, Berau Kalimantan Timur, di Teluk Cendrawasih Papua dan yang terakhir yakni di Pantai Batubarani Gorontalo.

Saya sendiri pernah mencoba melihat hiu paus di Talisayan, Berau dengan sebelumnya bangun pagi-pagi buta dari derawan dan dilanjut naik kapal selama sekitar 3 jam, namun sayang keberuntungan sepertinya tidak berpihak kepada saya karena ketika saya sampai di talisayan, hiu pausnya tidak pernah muncul bahkan ketika sudah dirangsang dengan diberi makanan.

Keuntungan melihat hiu paus di Gorontalo adalah jaraknya yang sangat dekat dari pusat kota gorontalo. hanya sekitar 40-1 jam saja dari pusat kota Gorontalo dengan menggunakan angkot tepatnya di Pantai Batubarani. Pun untuk melihat hiu paus ini hanya  berjarak sekitar 30 meter saja dari bibir pantai sehingga biaya menjadi tidak mahal.

Waktu saja kesana, pada bulan Juni 2018 kemarin, saya sangat beruntung karena hiu paus sedang banyak-banyaknya. hiu paus di pantai batubarani gotontalo ini memang sering bercanda dengan nelayan sekitar dan sudah akrab dengan keberadaan manusia di sekitarnya alias sangat jinak. Hiu paus disini biasa berenang bareng anak-anak nelayan disini. Kita juga bisa berenang bersama hiu paus ini namun satu hal yang harus diingat adalah ketika kita berenang dengan hiu paus ini jangan sampai kita menyentuh hiu paus ini apalagi memegang karena bisa membuat hiu paus ini merasa terancam dan tidak mau kesini lagi.

Berikut beberapa foto yang sempat saya abadikan waktu hunting hiu paus di Pantai Batubarani, Gorontalo : 








Keberadaan hiu paus di Pantai Batubarani Gorontalo memang sudah cukup terkenal. selain murah, karaknya juga cukup dekat dengan pusat kota. Cukup dengan membayar Rp 50ribu, dan Rp 10 ribu untuk membeli sebungkus umpan buat dikasih ke hiu paus berupa kulit udang. Jika ingin berlama-lama dengan hiu paus, sesuaikan saja dengan jumlah umpan yang kita beli. Sangat murah! 

Akhirnya setelah sebelumnya saya gagal melihat hiu paus di Talisayan Berau, akhirnya kesampaian juga saya melihat langsung hiu paus di pantai batubarani gorontalo ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar