Senin, 23 April 2012

MY LONELY TRIP TO GILI TRAWANGAN, GILI MENOS AND GILI AIR, LOMBOK (03-04 NOVEMBER 2011)

Saya mau sedikit sharing tentang perjalanan saya selama 2 hari 1 malam sendirian ke 3 Gili (Trawangan, Menos, Air) di Lombok tanggal 03-04 November 2011 kemarin;

Gili Trawangan
Perjalanan di mulai dari Kota Mataram, tepatnya dari Terminal Bertais dengan menggunakan angkot (warga setempat menyebutnya bemo ) jurusan Tanjung/Bayan. Uniknya angkot ini melewati kawasan hutan pusuk yang terkenal dengan monyet2 liarnya di pinggir jalan.Seru!! Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam dan turun di Perempatan Pemenang. Nah, dari sini kita bakal ditawarin naik cidomo (semacam kereta kuda yang ditarik kuda Sumbawa) yang bertebaran banyak banget untuk menuju Pelabuhan Bangsal.  Naik cidomo 20-25rb (kapasitas 5 orang). Saya sih memilih jalan kaki saja menuju Pelabuhan Bangsal. Cuma sekitar 1 km saja kok. Lebih enjoy sambil melewati persawahan2 penduduk setempat (Alasan ding, padahal biar lebih ngirit aja!hehe…:p)

Dalam perjalanan menuju  Pelabuhan Bangsal, saya mampir sebentar untuk sarapan di warung setempat dan beli logistik, terutama minuman, karena kabarnya jika kita beli di Gili Trawangan mahal banget. Bisa 2 kali lipat harganya. Begitu masuk Pelabuhan Bangsal langsung menuju ticket office untuk membeli  tiket public boat. Tiket public boat Bangsal-Trawangan cuma Rp 10rb kok. Gak mahal. Kalau ada yg nawarin carter boat, tolak aja secara halus, atau cuekin aja. Hehe….! Publik Boat ini sistemnya harus nunggu penumpang penuh dulu sampai 25 Orang baru kemudian berangkat.  Nanti kita bakal dipanggil sesuai dengan warna tiket. Beruntung dong saya tidak perlu menunggu terlalu lama,  hanya sekitar 20 menit aja soalnya tiket saya nomor antrian 20 jadi hanya menunggu 5 orang lagi saja untuk berangkat. Perjalanan ke Gili Trawangan hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam saja kok dengan ombak yang cukup bersahabat.hehe….

Snorkeling 3 Gili
Jalan-jalan sendirian ke 3 Gili (Gili Trawangan, Gili Menos, dan Gili Air) di Lombok membuat saya merasa seolah-olah bukan di negeri sendiri. Betapa tidak, Turis lokal yang saya temui jumlahnya bisa dihitung dengan jari karena mayoritas turis yang datang kesini ternyata turis luar negeri. 99% turis yang ke Gili Trawangan adalah bule. Betapa saya mendadak merasa menjadi minoritos disini.

Di Gili Trawangan, banyak banget bertebaran tawaran2 paket diving, paket snorkeling 3 gili, paket hoping island, glass bottom boat,dll. Banyak penyewaan snorkel gear + fin juga. Jam telah menunjukkan Pukul 10.00 ketika saya menginjakkan kaki di GIli Trawangan dan Paket Snorkeling 3 Gili yang ingin saya ikuti rata2 dimulai pukul 10.30. Mulailah mata saya jelalatan nyari Paket2 Snorkeling yang paling murah. Rata2 Paket Snorkeling 3 Gili seharga Rp. 125.000,00 sudah termasuk snorkel gear seharian mulai dari Jam 10.30 s.d. 15.30. Nah. Berhubung saya membawa peralatan snorkeling sendiri, dapat diskon dong jadinya “cuma” Rp. 100.000 saja.lumayanlah.hoho! Saran saya : pas mesen snorkel 3 gili ini, mending bilang mau pake Life Vest nya sekalian. Soalnya klo gak bilang, gak bakal dibawain. Yang snorkeling , bule2, rata2 gak ada yang memakai Life Vest. O iya, Jangan lupa bawa uang juga untuk makan siang di Gili Air.

Snorkeling di Gili Air
snorkeling
Ketika saya mencoba ikutan paket snorkeling ke 3 gili di Gili Trawangan, Gili Menos, dan Gili Air, ini dari sekitar 20 orang yang ikut snorkeling dalam satu kapal, ternyata saya sendiri satu2nya turis lokal yang ikut. Walah!! Semuanya bule. Ternyata memang benar kalau Gili itu lebih terkenal di luar negeri daripada di Negeri Sendiri.  Hik! Nyaris tidak ada turis lokal yang saya temui.

Titik awal snorkeling dimulai di Gili Trawangan selama 30 menit, dilanjutkan 30 menit snorkel di Gili Menos, (di sekitaran menos wall yang dalamnya bisa mendapai puluhan meter) dan yang terakhir 30 menit snorkel di Gili Air (yang terakhir paling mantap nih.keren banget.hehe!). Di Gili Trawangan, Titik snorkeling yg bagus ada di depan Coral Beach dan di depan penangkaran kura-kura. Kalau didepan penangkaran kura-kura, arus akan membawa kita ke arah pelabuhan public boat, ikuti aja, pemandangannya oke kok. Tinggal kepinggir kalau kita capek. Beruntung waktu itu cuaca sangat cerah. Jarak pandang di dalam air sangat dalam dan jelas. Lautnya pun sangat bersih dan jernih. Keindahan bawah laut 3 Gili saya akui memang sangat luar biasa. Indah banget. Dan baru kali ini pula saya nemu kura-kura segede bantal berenang di lautan lepas di sekitaran Gili Menos. Waa!! Keren…Keren……!!

Selesai Snorkeling di Gili Air, kita akan digiring untuk makan siang di Gili Air. Cuma ada satu tampat makan disitu. Tips makan di Gili Air, segeralah memesan makanan, karena yang masak hanya 4 orang sedangkan yg pesen banyak banget, jadi bakalan lama kalau telat pesen. Pilih2 menu makanan, akhirnya pilihan saya jatuh pada nasi goreng. Tahu gak kenapa?? Yup. Benar sekali. Karena itu yang paling murah harganya .T.T. “Cuma” Rp. 25rb kok!! Minum gratis karena saya bawa botol minum sendiri.hehehe……^_^. Nah, Ceritanya kan saya diajak makan satu meja bareng 2 turis Inggris dan 2 turis AS. Ternyata mereka lagi honeymoon loh!!! (penting ya? :P). Ngobrol kesana kemari dengan mereka, ternyata Gili Trawangan memang sudah menjadi semacam tujuan favorit buat honeymoon sama bule2 di Luar Negeri. wuih, bangga dong!!

Tiba kembali di Gili Trawangan, waktu telah menunjukkan pukul 16.00 dan saya belum mencari penginapan sama sekali. Kalau mau cari penginapan/homestay yang murah, cari yang agak masuk ke dalam pulau saja. Dari kantor tiket public boat, belok kiri sekitar 200 m trus masuk aja ke dalam gang di samping art market/pangkalan cidomo. Buanyak banget homestay/penginapan murah meriah di dalam Gili. Rata2 sekitar Rp. 100-150 berdua sih.  Setelah jalan ratusan meter ke dalam dan membandingkan puluhan homestay (halah!), dapat penginapan yang lumayan murah lah di Lily Homestay namanya, letaknya agak dibelakang bukit. (sory nomor  tlp gak saya catat. Lupa! :p. lagian cari Go Show juga pasti dapat kok! Nyante aja!!hehe…). Saya kena harga Rp. 90rb/malam dan sudah termasuk breakfast. Harusnya kalo berdua jatuhnya lebih murah sih. Tapi sayang saya tidak menemukan bule yang bisa diajak sharing kamar bareng. Ga pa2 lah.hahaha! Tes Air Keran, ternyata airnya agak asin. Whatever lah, namanya jg penginapan murah.hihi…^_^. Ngobrol2 sama yang punya penginapan, eh ternyata bulan November-Desember itu termasuk low season lho! Kalo high season itu bulan Juni s.d. Agustus. Jadi kalo mau murah meriah ke Gili Trawangan, ya sekarang aja ke Gilinya. Oke…

menunggu sunset
Menjelang  Sore, Saya mencoba menyusuri sisi timur Gili Trawangan yang ramai dengan kafe dan bar. Nemu penyewaan sepeda yang lumayan murah meriah lah. Akhirnya sewa sepeda juga biar bisa muterin gili sampai malam. Dapat harga bersahabat, dengan uang sebesar Rp. 20rb sudah bisa bersepeda keliling gili sampai malam, hehe.O iya, rata2 sewa sepeda disini Rp 10-15rb/jam. Atau  Rp. 50rb-70rb/24jam. Pintar2 nawar aja. Biasanya kalo sama turis lokal bisa dapat lebih murah sih. Tergantung kelihaian kita menawar juga.hehe! Ada juga pilihan untuk mengelilingi Gili Trawangan dengan naik cidomo (Rp.100rb-120rb sekali keliling pulau ).

Cukup dengan berbekal sebotol minuman gede yang saya taruh di keranjang sepeda, muter2lah saya sendirian keliling Gili Trawangan. Sepanjang pantai timur Gili Trawangan, mulai dari selatan sampai utara gili, dimana2 banyak banget bule2 yang lagi berjemur, maupun snorkeling di pinggir pantai. Eh, ternyata Gili Trawangan gak gede2 amat kok! Muterin seluruh gili dengan naik sepeda gak sampai 1,5 jam lah (tapi setengah jam-nya buat foto2.hehehe…). Menjelang Sunset, saya mengarahkan sepeda saya ke sisi selatan Gili, yakni ke Sunset Bar yang merupakan spot terbaik di Gili Trawangan untuk melihat sunset. Tiba di Sunset Bar, sudah banyak bule2 yang nongkrong2 sambil minum bir . Nah, daripada cengok kayak orang hilang :p, saya ajak ngobrol2 lah penjaga bar disitu.hehe…! Ternyata eh ternyata, bule2 yang kesini itu kebanyakan pakai fast boat langsung dari Bali yang cuma 2 jam saja dari Tanjung Benoa, Bali. Gak pake acara lewat pelabuhan bangsal dulu. Oh, Pantesan, waktu nyebrang dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan, Bule yang saya temui dikit banget, tapi begitu sampai Gili Trawangan, lha kok isinya bule semua.hehe…..

Menjelang malam, Hingar binger nightlifenya pun mulai kelihatan. Sepanjang pantai timur Gili Trawangan, isinya party semua. Jeb ajeb…ajeb…^_^.  Masih ingat dengan ajakan temen bule yang snorkeling bareng tadi siang untuk ikutan party bareng malam ini di Bar xxxxxx (nama disamarkan :P). Ah, tapi nanti saya malah mengganggu mereka yang lagi honeymoon lagi. (Alasan ding! Padahal takut gak kuat minum bir aja, takut mabuk dan yang paling penting bayarnya itu kan pasti mahal bgt.hehehe….:P).

O iya, untuk pilihan makan malam yang murah meriah, cari aja di art market, dekat dengan pangkalan cidomo. Siapin aja uang sekitar Rp. 10-20rb/orang. Banyak makanan lokal murah meriah kok disitu mulai dari sate, soto, nasi goreng, pecel ayam dan yang paling penting dengan harga yang cukup bersahabat pastinya. Kalau kehabisan uang, gak usah khawatir soalnya banyak ATM bertebaran disitu seperti ATM BRI, BII, BNI, dan MANDIRI dan CommonWealth. Untuk hiburan, di Gili Trawangan kebanyakan bar-bar dengan party-nya. Kalau mau nonton film juga ada semacam mini studio di samping Manta Ray Dive.

Sebagai gambaran, ini total pengeluaran saya selama 2 hari 1 malam di Gili Trawangan  dihitung dari Kota Mataram:

Angkot Mataram-Pelabuhan Bangsal                           10000
Sarapan di Pelabuhan Bangsal                                      10000
Beli 2 botol air minum besar di Bangsal                         6000
Tiket Kapal bangsal-Gili Trawangan                            10000
Paket Snorkeling 3 Gili (Trawangan, Menos, Air)     100000
Makan siang di Gili Air                                                 25000
Penginapan + Breakfast                                                 90000
Sepeda                                                                           20000
Makan Malam di Gili Trawangan                                 14000
Makan Siang hari Kedua di Gili Trawangan                 12000
Tiket Kapal Gili Trawangan-Bangsal                            10000
Angkot Pelabuhan Bangsal-Mataram                            10000
Total                                                                  Rp.     317.000

Gak mahal2 amat lah. Seharusnya masih bisa lebih murah dari itu sih, tapi gak pa2 lah. Yang penting enjoy aja.hehe…! Ayo pada wisata ke Gili dong! Masa Gili lebih terkenal di Luar Negeri daripada di Negeri Sendiri sih.  3 Gili (Trawangan, Menos,, dan Air) di Lombok memang luar biasa, Sebetulnya lebih cocok buat tujuan honeymoon sih!

Tapi lumayanlah, meskipun saya jalan2 sendirian minimal bisa mengobati rasa penasaran saya tentang 3 gili yang katanya sangat tersohor di seluruh dunia itu dan memberikan pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya yang membuat saya lebih mencintai Indonesia . Orang Luar Negeri saja pada berbondong-bondong kesini dan berdecak kagum dengan keindahan negeri kita ini, mengapa kita yang sebagai warga Indonesia sendiri justru terkesan kurang begitu peduli? Indonesia itu sangat Indah kawan.  Gili Trawangan, Gili Menos, dan Gili Air, I’ll miss u .^_^

Untuk foto-foto lainnya bisa dilihat disini :Foto-Foto 3 Gili, Lombok

““Twenty years from now you will be more disappointed by the things that you didn't do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover.” -Mark Twain-

1. pertualangan yang sangat menarik, pengen juga ke Lombok suatu waktu pasti, dan biaya yang dikeluarkan luar biasa murah ! thanks for sharing.

2. nginep nya di gili apa brooo??

3. makasih ya sharingnya, cukup menginspirasi perjalanan saya ke lombok akhir januari nanti :)

4. @Bennie lu : makasih bro. lombok memang cantik dan saya baru sedikit saja menjelajahi pulau Lombok. Harus kesana lagi kapan2.hehe

5. @arif : nginep di gili trawangan bro. kan dah ditulis di atas.hehe... murah kok cukup 90rb/malam. Go show aja waktu itu.he...

@tri Miranti : thanks. Terimakasih sudah mampir di blog saya. ^_^

6. kl dr bandara internasional lombok ke Terminal Bertais, transport umumnya apa ya?

terima kasih

7. @leni : Dari Bandara cuma ada 2 pilihan, naik taxi atau damri. Bisa Naik damri ke mataram kok. Terminal Bertais di Mataram. he....

8. good information! kebetulan sy berencana utk ke gili awal maret. wish me luck :)

wanna follow each other?

9. wah..selamat jalan2 ke gili ya. saya sendiri masih pingin jalan2 lagi ke lombok, ke gili nanggu. hehe

10. makasih infonya.akhir maret mau kesana nih

11. Sip. Selamat jalan-jalan ke Lombok. Share critanya ya bro. hehe..

12. besok ane mau ke lombok ni gan.. semoga dapet hotel yg murah di gili trawangan. mau solo backpacking sih.. thank you bgt posting cerita ente nih. jadi ga deg2an amat sama biaya kesana

13. @apri : iya, mau yang mahal banget ke gili trawangan bisa. mau yang murah banget juga bisa banget. haha! oiya, biaya-biaya di atas sudah hampir 2 tahun yang lalu. mungkin keadaan di lapangan sekarang sudah ada perbedaan / mengalami kenaikan. silahkan dicek juga ya.he. Selamat Jalan-Jalan.. ^_^

14. planning mau backpacking ke gili jalu darat dari jakarta bulan mei! adakah yang mau kesana bulan itu.. heee lumayan buat nambah kawan diperjalanan.

15. gan disana ada penyewaan kamera underwater ga? thanks

16. gan ada kontak yang bisa dihubungi? mau backpacker bln agustus ini.. ber2.. cewe semua.. minta panduan ^^ supaya ga di tipu-tipu disana.. thanks gan

17. penyewaan kamera?? sepertinya ga ada. kalau penyewaan alat snorkel banyak.hehe..

kontak apa nih? kontak saya? mention twitterku @aufasidix. oke :D

Selamat Jalan-Jalan....^_^

18. wah bro.. yang snorkling itu harga lokal ya? berapa lama snorklingnya? dipandu atau bebas? lalu nama penginapannya apa ya? ada AC atau menggunakan kipas? thanks gan!

19. itu 2 tahun lalu , jadi kemungkinan sekarang harganya sudauh naik. aku gak update harga sekarang. kalau penginapanyahng murmer banyak banget di dalam ( 200--300m masuk ke dalam pulau). waktu itu 100ribuan berdua masih banyak saya go show jd lupa nama penginapannya :D. standar aja, kamar mandi dalam, trus cuma pake kipas angin.hehe

20. halo salam kenal. mo nanya dong, paket snorkeling di gili trawangan yang paling pagi mulainya jam berapa ya? apa jam 10.30 semua? Thx yaa :)

21. kalau paling pagi kurang tahu, tapi paket yang paling siang yang 10.30, setelahjam 10.30 sudah tidak ada lagi sepertinya karena sudah terlalu siang kecuali jika menyewa perahu sendiri tentu akan menjadi lain cerita. Tapi kalau yang lebih pagi dari itu banyak sepertinya. selamat menikmati Gili. hehe

22. hai.. mau tanya.. ambil paket tur 3 gili nya dimana ya?

23. maksudnya paket snorkeling 3 gili atau gimana? kalau paket snorkeling 3 gili di gili trawangan ada untuk snorkeling seharian di 3 gili. kalau yang dimaksud paket wisata 3 gili termasuk akomodasinya saya kurang tahu karena saya kesana sendiri tidak pakai paket dari tour, penginapan pun cari go show.hehe. kalau paket wisata 3 gili sepertinya dari agen travel di bali banyak yang menawarkan soalnya banyak bule yang ke gili langsung dari bali pakai speadboat.

24. Udah beberapa kali bolak balik ke halaman ini karena penasaran kepingin ke Gili.. akhirnya dapat tiket murah...buat tahun depan! Hahaha... semoga harganya gak banyak berubah..

anyway, salam kenal ya mas.. tulisan2nya enak dibaca lho

25. Makasih ya. selamat jalaln-jalaln ke Gili. hehe... ^_^

26. yeeey! Juni mau piknik keluarga ke sana :D
    kalau anak kecil (9 tahun) mau snorkling bisa kan yaa?

27. wah asal bisa berenang sih sepertinya ga masalah ya?, tapi kalau ga bisa berenang kan ada livevest.hehe....
    selamat liburan di gili ^_^

28. good luck ya...slm knl dr lombok..:)

29. iya, sama2...makasih sudah mampir ke blog saya. hehe

30. hai mas, seru tripnya, bdw mau tanya, untuk yang snorkling tripnya itu ada yg sore hari menjelang sunset jam 15.30 bener gak ?

31. klo waktu itu saya lihatnya rata2 pagi hari sampai sore atau seharian. kurang tahu klo ada yang sore hari. hehe..

32. Hai gan aufa..
    Tulisannya keren..
    Saya ke gili trawangan tgl 13 april nanti, sy pakai fast boat dr plb. Padang bai bali. Btw kalau mau snorkeling gt barang2 bawaan kyk koper dll ditaro dmn ya? Krna sy nginep di senggigi bkn di gili trawangannya.

Trs kalau mau foto2 gmn ya? Krna kan nggak mgkn snorkeling bawa2 hp. (Sy motret pke hp). Hehe..
    Mohon infonya y gan

33. @novelina samosir : klo semisal nginep di senggigi apakah ada kapal dari gili balik lagi ke pelabuhan bangsal sore hari setelah snorkeling? saya kok ga yakin ada ya makanya saya nginep di gili. saya waktu itu bawa tas daypack aja jadi dibawa di kapal. klo nginep di gili kan kopernya bisa dititipin hotel. kenapa ga nginao di gili?untuk urusan foto2 waktu snrokeling saya minta bantuan guide yang ada di kapal. hehe :)

34. kapan lagi ke Lombok bro...kabarin ya... sis & gan....ntr ane bantuai..

35. klik di : www.inilomboku.blogspot.com

36. Makasih sharingnya mas, bagus banget. Jadi aman bgt ya jalan2 ke lombok gili2 sendirian tanpa tour guide, krn sy liat harga2 di tour guide kok mahal2 hehe. Selain wisata ke gili keliling lombok kemana lg mas?

37. @retno : iya aman bangeet kok. saya explore lombok ke banyak tempat seperti ke lombok tengah ke desa sdade, lombok barat ke pantai senggigi, atau lombok timur yang masih belum terlalu terjamah seperti pantai mandalika atau pantai tanjung aan. bisa dilihat tulisan saya tentang lombok di blog ini juga. ini salah satunya. sila dibaca : http://aufasidix.blogspot.co.id/2012/05/jelajah-lombok-tengah-05-november-2011.html

38. Quote nya masuk bgt, saya baca quote itu pas SMA dan sekarang sdh beranak 2 😹😹😹. Anyway mupeng bgt bacanya,insya Allah tgl 14 april ini kesana. Hope i have great time (greater i hope) LIKE you did 😋

39. Makasih sudah mampir. Selalmat Jalan2 ke GIli. hehe

40. alo mau nanya, paket snorkeling 3 gili itu maksudnya gimana yah ? Jadi udah termasuk transportasi dari 1 gili ke gili lainnya ? trawangan - meno - air ? Thanks

41. wow.. saya baru sadar.. in ithread dari 2012 yah... great job masih terupdate di blog ini...

42. iyaa.. tapi tripnya sendiri tahun 2011. dah lama bangeet. hehe.

43. wah, berarti harga2 itu harga tahun 2011 yah... ngomong2 itu paket snorkeling 3 pulau berarti termasuk transportasi antar gili ?

44. iya, namanya juga paket. tapi paket snorkeling 3 gili itu berawal dan berakhir di gili trawangan

45. Untuk snorkeling info secara khusus anda bisa temukan disini http://www.lomboksociety.web.id/2015/05/snorkeling-3-gili-gili-terawangan-gili.html

46. Untuk transportasi selama di lombok booking di http://www.lomboksociety.web.id/2016/09/sewa-mobil-di-lombok-murah.html
    Ada testimoni lngsung dari tamu, jadi anda bisa tentukan layak apa tidak

47. gan, kalau dari senggigi ke pelabuhan bangsal naik apa ya? saya suami istri dan 2 anak.
    jam berapa harus tiba di pelabuhan bangsal supaya keburu ikut snorkling jam 10?

Balasan
    1. mbak, dari senggigi ga ada kendaraan umum langsung ke bangsaL, Kalau mau naik kendaraan umum harus dari mataram. kalau mau dari sengigi palingan carter kendaraan. BAiknya sampai bangsal maksimal banget jam 8 pagi lah. estimasi nunggu kapal setengah jam dan naik kapal setengah jam jadi sampai gili trawangan jam 9an jadi masih bisa nyari2 paketan snorkeling. tapi ya tentunya lebih baik lebih awal lebih baik.