Senin, 29 Oktober 2012

JELAJAH PULAU BINTAN

Pantai Trikora yang Eksotik
Pulau Bintan memang sangat Indah. Selama 2 hari 1 malam, tepatnya pada tanggal 25-26 Februari 2012 kemarin, saya eksplore pulau bintan dan banyak tempat-tempat eksotik yang saya datangi mulai dari kawasan bintan lagoon di kawasan resort lagoi yang sangat privasi dan lebih didominasi oleh bule-bule, ke Pantai Trikora di Bintan Timur yang sepi, berpasih putih, dan airnya sangat tenang sampai menjelajahi dan kulineran di kota Tanjung Pinang serta napak tilas di bekas Kesultanan Riau di Pulau Penyengat yang letaknya tidak jauh dan hanya selemparan batu saja dari kota Tanjung Pinang.

Ehm, Sebetulnya ada sih penerbangan langsung dari Jakarta-Tanjung Pinang di Bintan, tapi berhubung saya cuma turis kere yang cuma mampu beli tiket promo..:p, saya ke Bintan via Pulau Batam dulu. Dari Pelabuhan Telaga Pungur di Batam ke Pelabuhan Tanjung Uban di Pulau Bintan cuma setengah jam saja kok. Kapalnya kecil ternyata dengan seat 2-2 dan cukup mewah untuk ukuran kapal ferry. Tarifnya sendiri  Rp 30rb. Agak sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan tiket kapal ferry merak-bakauheni yang selama 2 jam saja cuma Rp. 20rb. Haha! Ya tapi gak papa lah. Memang adanya Cuma itu. Hehehe!!

Begitu Sampai pelabuhan Tanjung Uban langsung lanjut ke Pantai Sakerah di sekitar situ. Pantai berpasir putih halus dengan ombaknya yang tenang. Not Bad lah! Kebanyakan isinya orang-orang pacaran yang lagi main kano. Haha! Tipikal pantai yang ramai dikunjungi orang-orang lokal di kala weekend.^_^
Pantai Sakerah

Bintan Lagoi
Nirwana Beach Resort
Tidak jauh dari Pantai Sakerah, ada kawasan pantai berpasir putih yang sangat luas yang sangat terkenal terutama buat turis-turis dari Singapore yaitu Kawasan Bintan Lagoon (Kawasan Lagoi). Banyaknya resort disini menjadikan pantia-pantai disini lebih privat.  Bahkan ada pelabuhan khusus di kawasan Bintan Lagoi ini yang melayani kapal ferry tujuan Bintan Lagoi langsung ke Singapore. Berhubung kawasan ini sangat privat, saya bersama teman-teman orang lokal, menuju pantai ini dari sela-sela jalan di dekat Nirwana Beach Resort. Hihi. Gratis dong..:). Sumpah ya, ini pantai keren banget. Dan seperti biasa, kalo objek wisata kelas dunia gini justru lebih banyak dinikmati oleh turis mancanegara. Sama sekali tidak ada turis lokal.ehm..tanya kenapa??

Puas bercengkerama dengan bule-bule berbikini di Lagoi :), saya pun melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 2 jam menuju ke Kota Tanjung Pinang. Bintan Lagoi itu terletak di ujung utara Pulau Bintan sementara Kota Tanjung Pinang, yang merupakan ibukota provinsi Kepulauan Riau, terletak di ujung selatan Pulau Bintan sehingga dalam perjalanan yang lumayan cukup jauh, saya disuguhi pemandangan khas pulau Bintan yang kebanyakan ditumbuhi semak belukar. Ehm, sebagai ibukota provinsi Kepulauan Riau, menurut saya kota ini masih kalah ramai dengan kota Batam sebetulnya, tapi juga gak sepi-sepi amat kok apalagi waktu itu malam minggu. Halah..:p

Salah satu sudut Pantai Trikora
Pantai Trikora
Malam mingguan di Kota Tanjung Pinang itu enaknya leyeh-leyeh di kawasan melayu square sambil kulineran dan sembari menikmati semilirnya udara pantai di malam hari. Tidak jauh dari kawasan kantor dinas Gubernur yang letaknya di pinggir pantai, banyak orang duduk-duduk, jualan atau sekedar kongkow-kongkow.Ini kayaknya merupakan kawasan yang paling “happening” di Bintan, soalnya keluar dari area pantai ini masuk ke dalam kota, suasana sudah sangat sepi padahal waktu masih menunjukkan sekitar jam 9 malam dan malam minggu pula. (Emang kenapa kalau malam minggu?Haha).

Keesokan harinya saya bersama teman-teman langsung melanjutkan perjalanan ke Pantai Trikora di kawasan Bintan Timur. Sebetulnya pingin hunting sunrise dan double rainbow, tapi telat. Hari sudah cukup terang ketika kami sampai di Pantai Trikora ini yang memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari kota Tanjung Pinang. Ya sudah lah. Kawasan Pantai Trikora ini sebetulnya sangat panjang pantainya. Kami pun memilih pantai yang dirasa sepi dan bagus. Lapak pedagang belum pada buka meskipun jam sudah menunjukkan pukul 8 pagi. Tidak ada tukang parkir.  Yang jelas pantai sepi ini seeepiiiii banget dan luas banget, pasirnya putih bersih, dan ombaknya itu lho tenang banget. Bahkan saya sampai masuk sekitar 50 meter ke tengah laut dan masih tidak berombak. Bisa berenang sepuasnya deh. Mantap lah! Haha!
Bersama Teman-Teman di Kawasan Bintan Lagoi
Well, yang jelas perjalanan saya selama 2 hari 1 malam di Pulau Bintan meskipun tergolong sangat singkat namun sangat memuaskan lah. Bintan memang sangat menakjubkan. Tapi sayang, kawasan lagoi yang sangat eksotik itu justru lebih banyak dinikmati turis asing dibandingkan oleh turis lokal. Banyak pantai-pantai bagus di kawasan Bintan Timur yang amsih sepi namun kurang dimanfaatkan secara optimal. Ayo pada maen ke Bintan! Jelajahi negerimu yang eksotik ini!

15 komentar:

  1. My hometown. Terimakasih untuk tulisannya tentang Bintan ^^

    BalasHapus
  2. hehe...sama2. kangen pingin balik lagi ke Bintan...:)

    BalasHapus
  3. kemana tujuan berikut nya.. kasih2 tau kali2 bisa bareng

    BalasHapus
  4. wah..pantau FB atau twitter saya saja @aufasidix :)

    BalasHapus
  5. makasi view'nya ttg tg pinang..ada rencana main sana, selain penyengat dan pantai ad yg direkomendasikan lg ga @aufasidix? :)

    BalasHapus
  6. makasih sudah mampir. kebanyakn pantai-pantai sih yang bagus di bintan timur ada pantai trikora dan bintan utara ada kawasan lagoi...selamat jalan2 ya :)

    BalasHapus
  7. Transportasi naik apa mas disana..??

    BalasHapus
  8. @aziz : kebetulan saya carter mobil sama teman2. kalau transportasi umum hanya ada angkot di dalam kota TAnjung Pinang, dan bus dari Tanjung Pinang ke TAnjung Uban tapi itu jarang sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh minta kontak rental mobilnya mas? boleh minta secara rinci bagaimana kepulau bintan dari bandara tanjung pinang.

      terima kasih

      Hapus
  9. Yuk mari main ke bintan tersedia jasa paket tour mangrove :)

    BalasHapus
  10. lagi nyari teman yg mau menjelajah bintan, kebetulan saya sekarang tinggal di bintan,kendaraan pribadi : motor matic.
    klw ada komen ya..
    atau hub contac saya:
    hp.085375209456
    pin.7d311b53
    fb: rachmatzxcv@gmail.com
    instagram :mr93official

    mari menelusuri tempat2 indah di pulau bintan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bismillah saya save ya no nya mau tanya tentang bintan

      Hapus
    2. saya nyari homestay yang cocok utk 9-11 pax. ada ga mas?

      Hapus
    3. wah maaf ga tahu saya klo homestay buat 9-11 orang. maaf

      Hapus