Kamis, 04 Agustus 2016

VIETNAM TRIP DAY 12 (LAST DAY) - TAM COC, HOA LU, NINH BINH , VIETNAM

Panorama Tam Coc, Ninh Binh, 
Perjalanan ke Tam Coc, saya tempuh selama kurang lebih 3 jam dari kota Hanoi. Tam Coc yang sering disebut sebagai "Halong Bay on the land" ini memang menawarkan bukit-bukit karst yang unik untuk dieksplore. Memang Panorama Tam Coc sangat mirip dengan Halong Bay. Bedanya jika Halong Bay terletak di lautan, maka Tam Coc terletak di darat.

Cerita saya sebelumnya pada waktu eksplore Halong Bay dapat dilihat disini :  Trip Halong Bay

Ada banyak cara untuk eksplore Tam Coc. Tentunya yang paling wajib untuk dilakukan ialah dengan menyewa perahu menyusuri sungai dan Goa-goa di Tam Coc. Ada sedikitnya tiga goa yang bisa dilalui dengan menggunakan perahu. tiga goa tersebut ialah Hang Cả, Hang Hai, and Hang Ba. satu perahu / boat sendiri maksimal bisa dinaiki 3 orang termasuk yang mendayung boat. Hal yang cukup unik pada waktu naik perahu/boat ini ialah pemilik perahu mendayung dengan menggunakan kedua kaki mereka sedangkan tangannya dipakai untuk memegang payung. 

dengan pemilik perahu
Mendayung dengan kaki sementara tangannya memegang payung :)
Kondisi cuaca di Tam Coc pada waktu saya kesana memang sangat terik dan panas. Pantas saja pemilik perahu memilih mendayung dengan kedua kakinya sementara tangannya memegang payung padahal mereka mendayung cukup lama sekitar 2 jam untuk pulang pergi. Di sepanjang perjalanan, kita bisa menikmati landscape Tam Coc dengan bukit-bukit kartsnya yang khas dan sawah yang menghijau di kanan kiri sungai. Kebetulan sekali saya kesana pas weekday sehingga tidak banyak turis yang datang dan cenderung lebih sepi.

Tam Coc
Menyusuri Tam Coc dengan perahu
Menikmati panorama Tam Coc pun bisa dilakukan dengan bersepeda seperti yang saya lakukan begitu selesai berperahu karena ada beberapa tempat yang tidak bisa didatangi dengan perahu. Eksplore Tam Coc dengan bersepeda tentunya ada sensai tersendiri. Saya bisa eksplore kapan saja dan berhenti sepuasnya kapanpun saya mau. Tidak jauh dari Tam Coc, terdapat kota tua Hoa Lu yang menjadi ibukota Vietnam di masa lampau. Selain menikmati pemandangan bukit-bukit karst, ada juga beberapa pagoda seperti Bich Dong Pagoda atau bisa juga ke bekas istana yang bisa didatangi di Kota tua Hoa Lu.
Pelataran pintu masuk pagoda di Hoa Lu
Kerbau khas Tam Coc
Pemandangan bukit karts Tam Coc dari Bich Dong Pagoda
Bersepeda keliling Tam Coc
Memang saya hanya sehari saja eksplore Tam Coc. Perjalanan saya ke Tam Coc ini sekaligus sebagai penutup rangkaian perjalanan saya eksplore Vietnam. Sore harinya juga, saya sudah harus kembali lagi ke kota Hanoi untuk langsung ke airport.

2 komentar:

  1. Waktu taun kemarin cuma sempat ke HCMC aja gak ke Halong bay >,<

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  2. iya mas, halong bay sama HCM kn jauuh bangeet dari ujung ke ujung tuh. hehe

    BalasHapus