Minggu, 20 Januari 2019

TANJUNG BIRA, SULAWESI SELATAN

Tebing Appalarang, Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira terletak sekitar 3 jam perjalanan darat dari kota Makassar, ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Saya menyempatkan untuk mengunjungi tanjung bira di sela-sela kunjungan saya ke kota Makassar. Dengan menggunakan mobil semacam elf dari terminal kota Makassar, perjalanan ke tanjung bira yang terletak di kabupaten Bulukumba menyusuri jalan utama yang terletak di pinggir pantai dan melewati beberapa kabupaten seperti Kabupaten Gowa dan Kabupaten Bantaeng.

Memasuki kawasan pantai pasir putih tanjung bira, hiruk pikuk wisatawan mulai terlihat. Banyak geusthouse yang menawarkan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp 100ribu di pingir-pinggir pantai. Banyak juga persewaan sepeda motor di depan geusthouse di sepanjang pantai. Saya sendiri memutuskan untuk menyewa sepeda motor untuk eksplore kawasan tanjung bira ini.

Pantai pasir putih memang menjadi pusat turis di tanjung bira sehingga pantai ini cukup ramai dengan para wisatawan. Jika ingin mencari pantai yang cukup sepi bisa, kita bisa eksplore sendiri dengan menyewa kendaraan, salah satunya ke pantai bara yang terletak sekitar 1km dari pantai pasir putih. Pantai bara ini sangat bagus dengan hamparan pasir putih yang sangat luas. tidak terlalu ramai seperti pantai pasir putih
Pantai Bara

Pantai Pusahelu

Memancing di Pusahelu
Saya juga menyempatan diri ke sentra pembuatan kapal phinisi di Kabupaten Bulukumba ini yang terletak sekitar setengah jam perjalanan dengan sepeda motor dari Pantai Tanjung Bira ke arah utara.  Sangat unik dan kita bisa melihat langsung para pekerja membuat kapal phinisi yang sudah terkenal ke manca negara ini. Harga kapal phinisinya jika sudah jadi lumayan bikin syok karena sangat mahal :)

Pembuatan Kapal Phinisi

Pembuatan Kapal Phinisi
Di kawasan tanjung bira ini sebenarnya banyak sekali pantai-pantai sepi dan bagus untuk dieksplore dan kita bisa menjumpai pantai-pantai sepi ini hanya jika kita memakai kendaraan sendiri karena tidak ada kendaraan umum untuk mencapai pantai-pantai ini.

Hidden Paradise in Tanjung Bira

Tidak ada komentar:

Posting Komentar