Rabu, 16 Januari 2019

EKSPLORE CIREBON

Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon, hanya berjarak 3 jam saja dengan menggunakan kereta dari Jakarta. Selama ini saya hanya lewat saja ke Cirebon jika mau pulang kampung dan tidak pernah benar-benar singgah. Kali ini saya mencoba untuk singgah dan menginap semalam di kota Cirebon di sela-sela libur weekend. Cukup dengan menggunakan kereta cireks ( Cirebon Ekspres) maka dari Jakarta saya hanya memerlukan waktu 3 jam saja untuk sampai di kota Cirebon.


Padepokan Keraton Kacirebonan

Keraton Kacirebonan

Halaman Depan Keraton Kacirebonan

Masjid Keraton

Keraton Kaprabon
Halaman Depan Keraton Kasepuhan Cirebon

Kanoman

Pendopo Keraton Kacirebonan
Wisata ke Cirebon identik dengan wisata keraton. Sampai dengan saat ini setidaknya ada empat keraton di Cirebon yang masih aktif didiami oleh keluarga keraton yakni :

1. Keraton Kasepuhan Cirebon
2. Keraton Kacirebonan
3. Keraton Kaprabonan
4. Keraton Kanoman

Keempat keraton tersebut jaraknya tidak jauh antara satu dengan yang lain, hanya saja untuk keraton kaprabonan dan kanoman letaknya agak "nyempil" dan susah dicari jika kita tidak tanya-tanya orang sekitar karena letaknya yang masuk gang. Keraton yang cukup besar dan sering mengadakan acara-acara budaya yakni keraton kasepuhan cirebon dan keraton kacirebonan.
Taman Wisata Goa Sunyaragi

Taman Wisata Goa Sunyaragi

Wisata Kera Plangon
Masjid Merah Panjunan
Cirebon tidak melulu tentang keraton. Ada banyak tempat wisata lain di Cirebon yang menarik untuk dikunjungi, diantaranya yakni masjid merah panjunan dan Goa Sunyaragi. masjid merah panjunan yang terletak di pusat kota ini bernuansa merah dan beraksitektur hindu, merupakan masjid tua peninggalan kasultanan cirebon. Goa Sunyaragi letaknya agak sedikit di luar kota. objek lain yang patut untuk dikunjungi juga ialah wisata kera plangon, warga sekitar percaya bahwa kera-kera di plangon ini merupakan titisan dari pasukan prabu siliwangi kala itu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar