Minggu, 20 Januari 2019

LOVELY DESEMBER DI TANA TORAJA

Kawasan perkampungan di daerah Buntu Labo, Toraja Utara
Beruntung sekali saya karena saya ke Toraja bertepatan dengan acara Lovely Desember di Toraja dimana ketika saya kesana banyak sekali atraksi dan pertunjukkan budaya yang bisa dilihat. Saya memutuskan untuk eksplore Toraja pada waktu liburan natal dengan menggunakan bus malam dari kota Makassar. Acara lovely biasa diadakan tiap bulan desember di dua kabupaten yakni di kabupaten toraja dan kabupaten toraja utara. Memang beberapa objek wisata cenderung ramai karena sedang ada banyak festival namun karena saya menyewa sepeda motor sendiri saya pun berkesempatan untuk explore ke desa-desa di Toraja yang masih sangat sepi dan otentik. Exotic, Amazing and Incredible!!

Pada waktu saya kesana, di sebuah lapangan tidak jauh dari pasar utama di kota rantepao, kabupaten toraja utara, sedang diberlangsungkan Upacara Rambusolo atau upacara pemakaman khas orang toraja yang dilakukan dengan pesta pora dan mengorbankan banyak kerbau. kerbau-kerbau ini sendiri banyak dijumpai dan diperjualbelikan di Pasar Kerbau Ranteapo dengan harganya yang bisa mencapai ratusan juta per ekor. wow! 


Persiapan Upacara Rambusolo

Persiapan Upacara Rambusolo

babi-babi yang dikorbankan di Upacara Rambusolo
Kerbau yang dikorbankan di Upacara Rambusolo
Serunya eksplore Toraja dengan kendaraan sendiri itu karena kita bisa eksplore ke desa-desa sepi di toraja dimana banyak dijumpai rumah tongkonan khas toraja yang sangat unit dengan masyarakat yang masih memegang teguh adat toraja. Rumah tongkonan khas Toraja yang unik tersebut banyak ditemui di daerah buntupune, kete kesu, loba, atau sepanjang jalan menuju perbukitan di Batutumonga di Kabupaten Toraja Utara.

Bersama Pemilik Rumah Tongkonan di Buntu Pune
Tongkonan di Buntu Pune


Tongkonan di kasawan loba
ssitus-situs pemakaman orang toraja yang ditaruh di atas bukit-bukit di Lemo dan Londa juga merupakan tempat yang wajib dikunjungi selama di toraja. Terdapat juga situs pemakaman bayi yang ditaruh di atas pohon di daerah Sangala. Sangat unit dan misterius.

Makam bayi di sangata
Kawasan Lemo

Kawasan Londa

Di Dalam Londa

Kawasan Toraja ini memang sangat unik. Saya hanya sempat mampir ke kabupaten toraja utara, dan tidak mampir ke kabupaten toraja. Karena banyaknya tempat sehingga tidak bisa saya kunjungi semua. Nuanda natal dengan segala pernak-perniknya kental terasa pada waktu saya kesana pun dengan adanya berbagai atraksi budaya dan upacara adat

Bentor yang siap mengantarkan penumpang
Tugu Tongkonan di Rantepao, Ibukota Kabupaten Toraja Utara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar