Jumat, 13 Februari 2015

MINANG TRIP DAY 6 & DAY 7 - PAINAN PESISIR SELATAN

Pemandangan dari puncak bukit mandeh, Pesisir Selatan
Ini merupakan lanjutan cerita saya sebelumnya pada waktu explore seluruh kota/kabupaten di ranah minang setelah sebelumnya saya sempat eksplore kota Padang Pariaman dan kemudian mampir sebentar di kota Padang kemudian lanjut ke kota Painan di Kabupaten Pesisir Selatan.

Cerita saya sebelumnya pada waktu eksplore kota Padang Pariaman dapat dilihat disini : http://www.aufasidix.blogspot.com/2015/02/minang-trip-day-5-padang-pariaman.html


Kota Painan, ibukota Kabupaten Pesisir Selatan, di Sumatra Barat terkadang sering terlupakan dari destinasi wisata favorit para wisatawan yang melancong ke Ranah Minang. Selama ini jalur wisata Sumatera Barat didominasi pada bagian utara, seperti rute Padang-Bukittinggi-Batusangkar-Payakumbuh atau jalur Padang-Pariaman-Lubuk Basung-Maninjau, ditambah satu jalur timur yang masih belum banyak dikunjungi, yakni rute menuju wisata tambang Kota Sawahlunto melewati kota solok. Sedangkan rute ke Selatan yaitu ke kota Painan jarang sekali dikunjungi. Padahal potensi wisata daerah ini tak kalah bagus dibanding bagian lain di Sumatera Barat. Bahkan bisa dibilang, objek-objek wisata di daerah ini bisa dikatakan lebih asri dan masih belum banyak dijamah oleh tangan manusia. Untuk menuju ke Painan dari kota Padang, harus melewati jalur teluk bayur dan pantai bungus di selatan kota Padang. Jalur ini merupakan satu-satunya jalur untuk mencapai daerah Painan. Artinya, untuk ke Painan, kita memang harus betul-betul berniat ke Painan.

Ikan Larangan
Pondok Ikan Larangan
Banyak tempat menarik di sepanjang jalan menuju kota Painan yang berjarak kurang lebih 2 jam perjalanan darat dari kota Padang ke arah Selatan. Di kecamatan Tarusan ada pondok ikan larangan, dimana ikan larangan yang tambak besar-besar dan bergerombol dalam jumlah banyak tersebut banyak terlihat dari permukaan sungai yang mengalir namun tidak boleh diambil. Saya memutuskan untuk mampir sebentar di pondok ikan larangan ini yang letaknya tepat di samping jalan Padang-Painan. Sambil istirahat sejenak dan memberi makan ikan larangan di permukaan sungai dari atas pondok. Seru!

Persawahan di Pesisir Selatan
Pemandangan Pulau Cubadak dari Bukit Mandeh
Ada bukit mandeh dimana dari atas bukit ini kita bisa leluasa melihat pemandangan laut lepas dengan latar belakang pulau cubadak. Dari jalan raya Padang-Painan masih masuk ke dalam sekitar 5 km melewati persawahan penduduk dengan kerbau dan sekumpulan burung kuntul yang mengelilinginya. Tidak butuh waktu lama untuk menuju puncak bukit mandeh. Jalan beraspal dengan sedikit bergelombang sepanjang jalan menuju puncak bukit. Indah sekali pemandangan dari atas. Apalagi waktu itu cuaca sangat cerah dan nyaris tidak berawan. Bukit mandeh ini kalau dalam bahasa minang artinya bukit ibu. Entah apa maksudnya.

Pantai Nelayan di Pesisir Selatan

Jembatan Gantung dari Kayu

Sepanjang perjalanan ke arah kota Painan pun kita akan menyusuri jalan pinggir laut sehingga banyak pantai-pantai cantik yang sayang untuk dilewatkan. Sempat mampir ke beberapa pantai dan desa nelayan yang jaraknya hanya sejengkal saja dari jalan raya.  Sebelum sampai kota Painan, tepatnya sekitar 17 km sebelum kota Painan, ada jembatan akar yang telah berusia ratusan tahun. Jembatan akar ini pulalah yang menjadi ikon wisata kabupaten Pesisir Selatan dan wajib untuk dikunjungi. Agak jauh masuk ke dalam dari Jalan utama, jembatan akar ini begitu kokoh membelit satu sama lain sehingga membentuk sebuah jembatan yang hingga kini masih sering dilalui orang lewat di atasnya. Terkahir kali saya menjumpai jembatan akar sejenis berada di pedalaman suku baduy dalam di kanekes, Lebak, Banten.

Aktivitas Parasailing di Puncak Langkisau, Painan
Di Kota Painan sendiri terdapat banyak tempat menarik yang sempat saya kunjungi diantaranya pantai carocok yang berada tepat di kota Painan tidak jauh dari pusat kota yang merupakan tipikal pantai kota yang sering dikunjungi warga di sore hari. Sembari melihat berbagai aktivitas warga, bisa mencoba warung – warung yang menjual aneka seafood di pinggir pantai.

Kantor Bupati Pesisir 
Tempat menarik lainnya yang sempat saya kunjungi yakni puncak langkisau. Puncak bukit yang berada tepat di pinggir pantai dimana naiknya tidak jauh dari pantai carocok. Nah, dari puncak langkisau ini, kita bisa melihat pemandangan lepas pantai kota Painan. Di puncak langkisau ini pulalah, sering diadakan aktivitas olahraga gantole dan parasailing.  Dan kebetulan sekali pada waktu saya kesini, menjelang matahari terbenam dan ada beberapa aktivitas parasailing yang menarik sekali untuk dilihat. Setahu saya hanya ada tiga tempat parasailing yang dibuka untuk umum yakni di puncak bogor, di kota Batu, dan di kota Painan ini. Bedanya, parasailing di kota Painan ini, tepatnya di atas puncak langkisau langsung menghadap ke laut, sehingga menimbulkan sensasi yang luar biasa.
Air Terjun Timbulun

Pesta Durian Painan :)
Masih di kawasan kota Painan, terdapat air terjun timbulun. Air terjun berundak dengan air yang tidak begitu deras namun sangat tinggi dan  asyik buat berenang atau mandi di kolam di bawahnya. Waktu saya kesana hari sudah cukup sore dan banyak warga sekitar yang ikutan mandi di air terjun ini. Malam di Painan saya habiskan dengan berburu durian. Hehe! Kota Painan dan Kabupaten Pesisir Selatan memang indah. Masih banyak wisata alam yang masih sangat asri disini. Sudah seharusnya jika kita jalan-jalan ke ranah minang, kota Painan dan Kabupaten Pesisir Selatan dimasukkan dalam list tempat yang wajib untuk dikunjungi.  

5 komentar:

  1. puncak mandeh kerennn benerrr
    baru tahu kalau ada air terjun timbulun yang unik seperti itu

    BalasHapus
  2. @bersapedahan : iya pemandangan dari atas bukit mandeh keren.hehe.....
    AIr terjun timbulun letaknya masih di kota Painan kok. ga jauh dari psuat kota.

    BalasHapus
  3. bang, kalau di padang. ke langkisau naik apa ya?

    BalasHapus
  4. langkisau letaknya di pusat kota painan kok. bisa naik elf dari Padang ke Kota Painan. namun untuk menuju puncak langkisaunya ga ada kendaraan umum. harus bawa kendaraan sendiri. bisa pakai ojek.

    BalasHapus
  5. MENYEDIAKAN PAKET TOUR DAN SEWA KENDERAAN SAJA UNTUK KE PADANG DAN BUKITTINGGI.

    Assalamualaikum Bapak/Ibu/Mas/Mbak


    Salam dari Kita Holidays Travel & Tour Padang.
    Kalau Bapak/Ibu/Mas/Mbak mau berkunjung ke Padang dan Bukittinggi, jangan risau hati silahkan hubungi :

    KITA HOLIDAYS TRAVEL & TOUR PADANG
    Tour operator & Travel Agency

    Kami menyediakan PAKET TOUR UNTUK PADANG DAN BUKITTINGGI, dan juga untuk SEWA KENDERAAN SAJA dengan harga yang sangat berpatutan dengan sopir yang educated, baik hati, sopan, suka menolong dan sudah lama berpengalaman dalam memberikan pelayanan pada pelancong domestik dan manca negara.

    Kami berusaha menjadikan lawatan Bapak/Ibu/Mas/Mbak sangat bermakna dengan keluarga dan rekan-rekan di masa percutiannya bersama kami.

    Wassalam
    Contact person :

    1. Amsyahril
    ( Director )

    Mobile : +62 852 6300 7445 ( WhatsApp )

    2. Riko Adryansyah
    ( Tour & Transportation Manager )

    Mobile : +62 813 6565 4104 ( WhatsApp )

    E-Mail : am_holidays@yahoo.com / kita_holidays@yahoo.com / kitaholidays@yahoo.com.




    BalasHapus