Minggu, 11 November 2018

EKSPLORE TERNATE DAN TIDORE

Danau Ngade, Ternate

Jika kita masih ingat pecahan uang kertas seribu rupiah yang lama, ada foto dua gunung dengan perahu nelayan di depannya. tahukah kalian dimana foto itu diambil? Yack, di Danau Ngada, Ternate. saya mengunjungi ternate memang hanya weekend  saja namun cukup banyak yang bisa didatangi. Pulau ternate sendiri jika dikelilingi dengan naik sepeda motor tidak sampai satu jam. cukup kecil pulaunya. 
Pemandangan uang seribu

Danau Tolire
Istana kesultanan ternate dan masjid agung kesultanan ternate adalah salah satu tempat wajib yang harus dikunjungi selama di Ternate, apalagi jika jika suka sejarah dan wisata religi. Bentuk arsitektur istana kesultanan ternate sangat dipengaruhi gaya eropa, karena kesultanan ternate sempat diduduki oleh penjajah portugis. 

Istana Kesultanan Ternate
Masjid Kesultanan Ternate
Masjid Agung Ternate
Benteng Oranye, Ternate, dengan latar belakang Gunung Gamalama
Jika ingin wisata pantai, saya merekomendasikan ke pantai jikomalamo, tipikal pantai teluk dengan ombak yang tenang dan pemandangan terumbu karang yang cukup bagus. Di pantai ini kita bisa snorkeling ke beberapa spot atau sekedar duduk-duduk warung di pinggir pantai menikmati pisang goreng dan kelapa muda. hehe

 pantai jikomalamo

Batu Angus, Ternate
Untuk kuliner yang wajib dicoba selama di ternate yakni papeda dengan kuah ikan kuning. Saya yang baru pertama kali makan papeda agak kesulitan, tekstur papeda seperti lem dan memakannya harus menggunakan sumpit. kebayang kan gimana. hehe

Paket Papeda lengkap dengan berbagai olah ikan
Karena waktu saya masih ada sisa sehari di ternate, maka saya gunakan untuk menyeberang ke pulau tidore yang hanya berjarak 30 menit saja dari pulau ternate. Pulau tidore ini juga cukup jelas kelihatan dari pulau ternate. Cukup dengan membayar Rp 25000 saja saya sudah bisa menyeberang ke Pulau Tidore dengan membawa sepeda motor yang akan saya gunakan untuk keliling Pulau Tidore.

Pulau Tidore dengan latar belakang Pulau Ternate di kejauhan
Menyeberang ke Pulau Tidore

Bentor yang siap mengantarkan penumpang di Tidore
Tujuan utama saya ke Pulau Tidore yakni singgah di istana kesultanan Tidore. Kehidupan bermasyarakat penduduk Tidore memang sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan sultan tidore yang masih berdiam di Istana hingga sekarang.

Dijamu di Istana Kesultanan Tidore :)
Istana Kesultanan Tidore
Benteng Tahula, Tidore
Pemandangan kota Tidore dari atas Benteng Tahula
Salah satu spot wajib lainnya di kota Tidore ialah benteng Tahula. Dari atas benteng tahula ini, kita bisa memandang lautan lepas dan kota tidore dibawahnya karena memang benteng tahula ini berada di atas bukit. 

Nah jadi jika kalian ada kesempatan ke Pulau Ternate, jangan lupa singgah juga di Pulau Tidore ya? Ok.

2 komentar: