Kamis, 01 Januari 2015

KARIMUNJAWA, THE PARADISE FOR BEACH LOVER

Berenang bersama Hiu di Karimunjawa
Sudah sangat lama sebetulnya saya ingin explore Kepulauan Karimunjawa yang terletak di Kabupaten Jepara, namun baru kesampaian awal april tahun 2013 kemarin. Tadinya saya bersama teman-teman dengan total 6 orang hanya berencana menghabiskan waktu 3 hari 2 malam di Karimunjawa namun karena ternyata masih banyak tempat-tempat eksotik di Karimunjawa yang bisa dijelajahi, maka kami sepakat untuk memperlama waktu di Karimunjawa menjadi 5 hari 4 malam. Wow!

Kami menghabiskan waktu selama weekdays dari hari senin sampai hari jumat setelah libur long weekend sehingga pulau karimunjawa benar-benar sepi dari turis waktu kami kesana. Seluruh pulau seolah menjadi milik kami sendiri. Hehe! Ketika orang – orang kembali dari Karimunjawa ke Jepara pada hari senin, kami justru baru mau berangkat ke Karimunjawa pada hari senin itu. Tidak banyak orang yang ke karimunjawa pada hari itu terbukti kapal yang kami tumpangi nyaris sepi dengan penumpang. Liburan yang sempurna :)

Snorkeling
Kami sangat beruntung karena cuaca sangat cerah dan nyaris tidak ada hujan. Aktivitas utama di karimunjawa tentu saja snorkeling dan snorkeling ke banyak pulau di sekitar karimunjawa. Kami nyaris menghabiskan 3 hari sendiri khusus untuk snorkeling. Pada waktu snorkeling pun karena kami hanya berenam maka digabung sama kelompok lain. Oh iya, untuk aktivitas snorkeling selama 3 hari kami menggunakan jasa kompak tour yang ada di Karimunjawa, selebihnya untuk 2 hari sisanya kami putuskan eksplore pulau karimunjawa sendiri lewat jalur darat dengan menyewa sepeda motor.

Senja di Karimunjawa
Senja dari atas bukit tuwo, karimunjawa
Ujung Dermaga
Snorkeling hari pertama kami habiskan untuk eksplore di pulau-pulau sisi timur karimunjawa yakni pulau gosong, pulau tengah, dan pulau cilik. Dan jujur, aktivitas snorkeling di karimunjawa ini merupakan lokasi snorkeling terbaik yang pernah saya alami yang ada di pulau Jawa. Tentu saja saya pernah snorkeling di banyak tempat seperti di bali, lombok, dan daerah lainnya di Indonesia tapi untuk kawasan sekitar pulau jawa, karimunjawa menurut saya yang terbaik, baik dari sisi pemandangan underwater-nya maupun keindahan landscape pantai-pantainya. Paket snorkeling ini sudah termasuk makan siang dengan aktivitas bakar ikan di pulau tengah. Cuaca yang sangat terik dan panas memang sangat menggoda untuk terus menerus snorkeling di dalam air. Hehe!

Bersama Teman-Teman
Snorkeling hari kedua dihabiskan di pulau-pulau di sisi barat Pulau Karimunjawa seperti pulau cemara kecil, pulau cemara besar, dan pulau gosong cemara. Dari sisi underwater, snorkeling di sisi barat pulau Karimunjawa ini lebih baik dengan ikan yang melimpah ruah seolah tidak merasa terganggu dengan kehadiran kami. Sulit bisa membayangkan bisa berenang bersama gerombolan ikan sebanyak itu. Menakjubkan! Sore hari ditutup dengan melihat sunset. Sayang sunsetnya kurang sempurna. Hanya semburat awan senja berwarna jingga yang tampak menghalangi matahari yang perlahan menghilang dari pandangan mata.

Dermaga Pulau Tengah
Snorkeling di Pulau Cilik
Pantai Ujung Gelam
Hari ketiga snorkeling, kami habiskan untuk snorkeling di sisi selatan Pulau Karimunjawa tepatnya di Pulau Menjangan Kecil dan Pulau Menjangan Besar sekaligus melihat aktivitas penangkaran hiu yang ada di Pulau menjangan besar. Disini, kita boleh memilih untuk mencoba berenang dengan hiu atau tidak. Cukup menegangkan berenang bersama hiu. Hehe!

Hutan Mangrove Karimunjawa
Eksplore Karimunjawa tidak melulu harus snorkeling terus menerus meski Karimunjawa memang identik dengan wisata bahari namun bisa juga tour darat mengelilingi pulau Karimunjawa, pulau terbesar di kepulauan karimunjawa. Dan itulah yang kami lakukan di hari keempat kami di Pulau Karimunjawa. Dengan menyewa 3 sepeda motor, kami berenam pun tour darat mengelilingi pulau karimunjawa dengan hanya berbekalkan peta karimunjawa dari brosur yang kami peroleh.

Legon Lele
Banyak sekali yang bisa disinggahi selama tour darat, seperti eksplore hutan mangrove, dan banyak pantai-pantai cantik di pulau ini yang bisa dikunjungi. Kami bahkan baru tahu kalau ternyata ada kampung bugis di pulau kemojan di ujung utara yang hanya dibatasi oleh jembatan kecil dan hutan bakau dengan pulau karimunjawa.  Bandara karimunjawa yang hanya melayani pesawat charter sejenis chesna dari Semarang pun sempat kami singgahi. BAhkan ke beberapa tempat yang kami tidak duga sebelumnya seperti legon lele yang ternyata berupa teluk yang menjorok ke dalam dengan pemandangan kapal karam. Wow! Penjelajahan sore itu kami tutup dengan menikmati pemandangan sunset dari puncak bukit tuwo di karimunjawa. Nice!
Persawahan di Karimunjawa
Pemandangan dari puncak Bukit Tuwo
Malam terakhir di Pulau karimunjawa kami habiskan untuk kulineran saja dan jalan-jalan di sekitaran  alun-alun karimunjawa karena denyut kehidupan malam memang hanya ada di sekitaran alun-alun ini. Banyak penjaja makanan dan soevenir yang menawarkan barang dagangannya di sini. Sangat singkat ternyata liburan di Karimunjawa meskipun kami menghabiskan selama 5 hari 4 malam di pulau ini. Kami harus segera berkemas karena kapal kami kembali ke Jepara berangkat besok pagi. Tidak rugi kamu memutuskan menghabiskan liburan di Karimunjawa. Karimunjawa is a must for beach lover! ^_^